berbagi ilmu komputer dan elektronik

Pengertian dan Macam-macam Gerbang Logika

2 comments
Setelah sebelumya kita mempelajari mengenai Sistem Bilangan, maka kali ini saya akan membahas mengenai gerbang Logika. yang mana Gerbang Logika adalah merupakan suatu sistem logika/entitas dalam disiplin elektronika dan matematika yang mengulas tentang boolean (hanya dua kemungkinan YA dan TIDAK, HIDUP atau MATI), dalm sistem gerbang logika ini mempelajari tentang bagaimana mengubah satu atau beberapa masukan logika, yang mana dari beberapa masukan logika tersebut akan menjadi satu sinyal keluaran logika.

Gerbang Logika  dapat juga disebut gerbang boolean, artinya gerbang logika hanya mempelajari tentang dua pilihan saja, yakni 0 dan 1. jadi dalam gerbang logika kita akan mempelajari sistem pemroses dasar yang dapat memproses beberapa inputan yang berupa bilangan biner dan akan menghasilkan sebuah output yang akan dilanjutkan ke proses selanjutnya.

Dalam gerbang logika ini kita akan mempelajari  macam-macam gerbang logika.

Macam - macam Gerbang Logika:
1. Gerbang AND
Gerbang logika AND membutuhkan 2 (dua) buah inputan yang akan menghasilkan 1 (satu) output. Akan menghasil logika 1 atau keluarannya berlogika 1 jika kedua inputannya berlogika 1, tapi jika salah satu dari inputan berlogika 0, maka hasil outputnya akan berlogika 0.

Simbol Gerbang AND



2. Gerbang Or
Gerbang logika OR membutuhkan 2 (dua) buah inputan yang akan menghasilkan 1 (satu) output. Akan menghasil logika 1 atau keluarannya berlogika 1 jika salah satu inputannya berlogika 1, dan hanya akan menghasilkan logika 0 jika kedua inputan berlogika 0.


Simbol Logika OR 

 

3. Gerbang NOT
 Gerbang NOT berfungsi sebagai inverter (pembalik), yakni hasil outputnya adalah kebalikan dari nilai inputannya.


Simbol Gerbang NOT


4. Gerbang NAND
Gerbang NAND adalah Gerbang logika kebalikan dari gerbang logika AND, dimana hasil outputnya akan bernilai 0 jika kedua inputan bernilai 1. dan hasil outputnya akan bernilai 1 jika kedua inputannya atau salah satu inputannya bernilai 0.

 
Simbol Gerbang NAND


5. Gerbang NOR
Gerbang logika NOR adalah merupakan kebalikan dari gerbang logika OR, dimana apabila salah satu atau kedua inputan bernilai 1 maka hasil output logikanya akan 0. namun apabila kedua inputan bernilai 0 maka hasil outputnya akan 1.

Simbol Gerbang NOR


6. Gerbang  XOR
Gerbang logika XOR membutuhkan dua inputan, Gerbang Logika XOR adalah singkatan dari Exclusive OR,  yang berarti hasil outpunya akan bernilai 1 apabila kedua inputan berbeda. namun apabila kedua inputan bernilai sama maka akan menghasilkan output logika 0.

Simbol Gerbang Logika XOR


7. Gerbang XNOR
Berbang logika XNOR merupakan kebalikan dari logika XOR, dimana apabila kedua inputan bernilai berbeda akan menghasilkan outputan bernilai 0, namun jika kedua inputan bernilai sama maka akan menghasilkan outputan bernilai 1.
Simbol Gerbang Logika XNOR


Latihan Berlogika dengan Gerbang Logika

2 comments :

  1. Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT

    Over 160000 women and men are hacking their diet with a easy and SECRET "water hack" to burn 1-2lbs every night while they sleep.

    It's very easy and works on anybody.

    You can do it yourself by following these easy steps:

    1) Grab a clear glass and fill it half glass

    2) And then do this proven hack

    you'll become 1-2lbs skinnier as soon as tomorrow!

    ReplyDelete
  2. Your Affiliate Money Making Machine is ready -

    And making money with it is as simple as 1, 2, 3!

    This is how it all works...

    STEP 1. Choose which affiliate products the system will advertise
    STEP 2. Add some push button traffic (this LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the affiliate products system explode your list and sell your affiliate products all for you!

    Are you ready to start making money?

    Check it out here

    ReplyDelete